LAPORAN PENELITIAN INDIVIDUDAMPAK OJEK ONLINE TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS NUJEK RIDE DI GORONTALO)
LAPORAN
PENELITIAN INDIVIDU
DAMPAK OJEK ONLINE TERHADAP
KESEJAHTERAAN SOSIAL
(STUDI KASUS PADA KOMUNITAS NUJEK
RIDE DI
GORONTALO)
DISUSUN
OLEH
ALIF
DIO BRILIAN UTAMA PUTRA (941417002)
PROGRAM STUDI S1
ILMU ADMINISRTASI PUBLIK
JURUSAN
MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS
NEGERI GORONTALO
2019
KATA PENGANTAR
Dengan meyebut nama Allah SWT yang
Maha pengasih lagi Maha penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas
kehadirat-Nya yang telah melimpahkan
rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan
makalah “MANAJEMEN STRATEGI” tentang “DAMPAK OJEK ONLINE TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL (NUJEK)”
Adapun
makalah tentang “DAMPAK OJEK ONLINE TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL (NUJEK)”
ini telah kami usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai
pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami tidak
lupa menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
kami dalam pembuatan makalah ini.
Namun
tidak lepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik
dari segi penyusunan bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu dengan
lapang dada dan tangan terbuka kami membuka selebar-lebarnya bagi pembaca yang
ingin memberi saran dan kritik kepada kami sehingga kami dapat memperbaiki
makalah ini.
Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dari makalah ini
dapat diambil hikmah dan manfaatannya sehingga dapat memberi inpirasi terhadap
pembaca.
Gorontalo,
13 MEI 2019
Penyusun
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.................................................................................................. i
DAFTAR ISI................................................................................................................. ii
BAB 1 PENDAHULUAN............................................................................................ 1
1.1. Latar
Belakang................................................................................................ 2
1.2. Rumusan
Masalah........................................................................................... 2
1.3. Tujuan
Penulis................................................................................................. 2
BAB 2
PEMBAHASAN3
2.1. Profil
Singkat Nujek (nusantara ojek)............................................................. 4
2.2.
Kerangka Teoritik........................................................................................... 5
2.3. Dampak ojek online terhadap
kesejahteraan social......................................... 6
BAB 3 PENUTUP........................................................................................................... 9
3.1.
Saran................................................................................................................. 9
3.2.
Kesimpulan....................................................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................... 10
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakamg
Transportasi memiliki peranan penting dalam pembangunan perekonomian,
karena berkaitan dengan distribusi barang, jasa, dan tenaga kerja, serta
merupakan inti dari pergerakan ekonomi di kota. Kegiatan dari transportasi adalah
memindahkan barang (commodity of goods) dan penumpang dari satu tempat (origin
atau port of call) ke tempat lain (part of destination), maka dengan
demikan pengangkut menghasilkan jasa angkutan atau dengan kata lain produksi
jasa bagi masyarakat yang membutuhkan sangat bermanfaat untuk pemindahan atau
pengiriman barang-barangnya.
Transportasi atau pengangkutan merupakan bidang kegiatan
yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Menyadari pentingnya
peranan transportasi, maka lalu lintas dan angkutan umum harus ditata dalam
suatu sistem transportasi nasional secara terpadu dan mampu mewujudkan
ketersediaan jasa transportasi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan lalu lintas
dan pelayanan angkutan yang tertib, nyaman, cepat, lancar dan berbiaya murah.
Ketersediaan jasa transportasi berkolerasi positif dengan kegiatan ekonomi
dan pembangunan dalam masyarakat. Jasa transportasi mempunyai peranan penting
bukan hanya untuk melancarkan arus barang dan mobilitas manusia, tetapi jasa
transportasi juga membantu tercapainya alokasi sumber daya ekonomi secara
optimal dalam bidang ketenagakerjaan, berarti kegiatan produksi dilaksanakan
secara efektif dan efiseien, kesempatan kerja dan pendapatan masyarakat
meningkat, selanjutnya kesenjangan antar daerah dapat ditekan menjadi sekecil
mungkin. Peningkatan pendapatan perkapita dan pertumbuhan pembangunan adalah
merupakan sasaran pembangunan, dengan demikian fungsi transportasi terhadap
perkembangan ekonomi dan kesejahteraan serta pertumbuhan pembangunan sangat
positif dan menentukan. Fungsi transportasi dikatakan sebagai “sektor pemberi
jasa”.
Seiring berkembangnya teknologi terutama internet di era globalisasi ini,
ternyata transportasi juga tidak luput terkena imbas positifnya. Kini,
transportasi lebih mudah didapatkan melalui aplikasi yang telah terpasang di smartphone
konsumen. Khalayak umum menyebutnya dengan ojek online, disaat
masyarakat sedang mempunyai kepentingan di suatu tempat dan tidak memiliki
kendaraan, ojek online dapat mengantarkan konsumen kemana saja. Peranan
transportasi pada pembangunan wilayah secara menyeluruh telah membawa dampak
yang luarbiasa terutama pada hubungan antar berbagai wilayah (aksesibilitas).
Tidak jarang hampir semua pengguna smartphone menyukai kemudahan ini
untuk menyelesaikan berbagai kepentingan mereka. Situasi tersebut menjadi
peluang tersendiri bagi masyarakat yang saat ini masih berjuang untuk
meningkatkan taraf kehidupannya.
Ojek online beberapa tahun terakhir ini sudah menjadi pekerjaan yang
menjanjikan bagi banyak orang baik pria maupun wanita. Mengikuti perkembangan
ojek saat ini, telah berkembang menjadi mata pencaharian yang menjanjikan dari
segi ekonomi. Dengan bergabung ojek online kita akan memiliki
penghasilan tambahan dan tidak terikat waktu bekerja. Kini, di Indonesia,
terdapat sebuah layanan ojek online (GOJEK) yang memungkinkan calon
penumpang tidak perlu datang ke sebuah pangkalan ojek. Calon penumpang cukup
memesan ojek dari sebuah aplikasi di smartphone, dan ojek akan datang
menjemput.
NUJEK adalah sebuah perusahaan teknologi berjiwa sosial
yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan mitranya di berbagai sektor
informal di Indonesia. NUJEK menawarkan 6 (enam) fitur jasa layanan yang bisa
dimanfaatkan oleh para pelanggannya yaitu Nu-Ride (Jasa Angkutan Orang
“Motor”), Nu-Taxi (Jasa Angkutan Orang “Mobil”), (Nu-Fast (Jasa Angkutan
Barang), No-Food (Pesan Makanan), No-Mart (Belanja),
Nu-Serv(Layanan Jasa Profesioal). NUJEK bertumpu pada 3 nilai pokok: kecepatan,
inovasi, dan dampak sosial.
Hadirnya
transportasi berbasis aplikasi online mampu menyerap tenagakerja yang tinggi.
Hal ini dapat mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia. Direktur Institute
for Development of Economics and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati menyebut
data yang dirilis oleh Alpha Beta pada 2017, sekitar 43 persen dari total 5.000
mitra transportasi online yang bergabung merupakan pengangguran. Saat ini,
ekonomi teknologi digital sangat dibutuhkan dalam masyarakat, khususnya
perkotaan. Hal tersebut akan mendorong adanya peningkatan aktivitas ekonomi
yang lebih baik bagi masyarakat. Enny berpendapat bahwa “Menurut sisi ekonomi
dengan adanya inovasi pasti ini akan meningkatkan yang langsung ada perluasan
tenaga kerja dan membuat efisiensi perekonomian. Nantinya efisiensi itu bisa
meningkatkan produktivitas nasional.”
Menelaah masalah kesejahteraan sosial, selalu bersinggungan
erat dengan pembangunan. Pembangunan dapat muncul dan dilaksanakan dari bidang
manapun, termasuk pada bidang sosial dan ekonomi yang tidak dipungkiri lag
menjadi penghubung antara bidang lainnya. Sebab pembangunan pada bidang ekonomi
memiliki pengaruh tersendiri terhadap bidang lain, dan nantinya akan berhadapan
dengan masalah sosial, misalnya yang terjadi pada bidang transportasi. Dalam
mencapai kesejahteraan tersebut, tentu akan berbenturan dengan berbagai
persoalan-persoalan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu
persoalan yang cukup menarik pada kesejahteraan masyarakat di Indonesia
sekarang ini, adalah permasalahan yang paling sering dijumpai di seluruh daerah
baik kota-kota besar, kota-kota kecil, hingga daerah pedesaan, yaitu
permasalahan mengenai transportasi publik.
Komunitas SENSINITY (Sental City Nujek Comunity) sendiri adalah
satu dari banyaknya komunitas NUJEK di Gorontalo. Saat ini sudah berdiri
sekitar baru 5 komunitas yang tersebar di seluruh Gorontalo. Komunitas ini
terbentuk dari 19 April 2017 dari tiga orang driver yang pernah di usir di
suatu tempat “nge-time”. Komunitas ini didirikan atas dasar sebagai
wadah sosial, bertukar informasi sesama driver, dan menambah
persaudaraan. Saat ini mulai tumbuh semakin banyak, beranggotakan 166 driver
yang rata-rata sebelum gabung menjadi mitra NUJEK adalah pengangguran,
wiraswasta, maupun mahasiswa. Kurang lebih seluruh SENSINITY ini mengatakan
bahwa semenjak NUJEK hadir di Gorontalo mereka menjadi salah satu dari ribuan
mitra lain yang kualitas hidupnya bertambah, mulai dari perekonomian hingga
taraf hidupnya meningkat.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka penulis tertarik untuk
melakukan penelitian dengan judul “Dampak Ojek Online Terhadap Kesejahteraan
Sosial. Studi Kasus Pada Komunitas SENSINITY”.
1.2
Rumusan Masalah
Dari latar
belakang tersebut, maka permasalahan yang dapat dirumuskan
adalah sebagai berikut:
1.
Profil Singkat Nujek
(nusantara ojek)
2. Kerangka Teoritik
3.
Bagaimana dampak ojek online
terhadap kesejahteraan sosial pada Komunitas Komunitas Nujek Ride
Gorontalo?
1.3
Tujuan dan Manfaat Penelitian
A. Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka penelitian ini
bertujuan untuk:
1.
Mengetahui Profil Nujek
(nusantara ojek)
2. Mengetahui Kerangka Teoritik
3.
Mengetahui dampak ojek online
terhadap kesejahteraan sosial pada Komunitas Nujek Ride Gorontalo.
B. Manfaat Penelitian ini terbagi atas dua manfaat, yaitu:
1.
Manfaat Akademik
a. Sebagai tambahan literatur dalam studi pengembangan
kesejahteraan sosial.
b. Sebagai bahan informasi ilmiah bagi peneliti-peneliti lain.
2.
Manfaat Praktis
a. Sebagai salah satu bahan untuk melihat fenomena ojek online
dalam peningkatan kesjehteraan dalam bidang ekonomi dan sosial.
b. Sebagai salah satu bahan evaluasi bagi perusahaan GOJEK serta
bentuk inovasi peningkatan perekonomian masyarakat.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Profil
Singkat Nujek
Aplikasi ini diinisiasi oleh 4 orang warga (NU), yaitu Gus ghozali, Gus
Lukman, Abdul Rachman, dan Imam Syafi’i. Aplikasi NUJEK memiliki fitur
unggulan yang tidak ada pada aplikasi ojek online lainnya. "Digabungkan
dengan aplikasi lain, yang kita sempurnakan. Kita jawab tantangan yang
ada," kata Abdul Rachman, perwakilan CEO NUJEK saat ditemui
TribunJatim.com di Aula PWNU Jatim, Sabtu (10/11/2018).
Ide terciptanya NUJEK berawal saat ketika keempat
founder, termasuk Abdul Rachman, mendapat beasiswa sekolah bisnis di New South
Wales, Australia. "Ketika pulang kami menemukan peluang itu," lanjut
Abdul. Dalam segi pelayanan customer, Abdul menjelaskan, NUJEK lebih fleksibel
membebaskan customer memilih atau berlangganan pada seorang driver tertentu.
Sistem kerja driver NUJEK juga lebih leluasa. Mereka bisa memilih berkerja
berdurasi waktu berapa lama dan berapa jumlah target setoran yang ingin
didapat. Baru diciptakan pada bulan januari 2018, aplikasi NUJEK telah diunduh
15.000 customer dan telah tercatat 5000 orang mendaftar sebagai driver. Abdul
menambahkan, layanan Nujek untuk sementara masih berada di Jawa Timur.
"Rencananya akan dilaunching tahun depan di kota-kota besar lain se-jawa
timur, tidak hanya di Surabaya," pungkasnya.
Nujek
memiliki keunggulan untuk mempertemukan pengojek dengan konsumen dengan cepat
dan sesuai dengan wilayah sehingga konsumen dapat dengan cepat mendapatkan
ojek. System yang digunakan gojek merupakan system bagi hasil dimana gojek
membagi pendapatan dengan skema 20:80, dimana keuntungan yang didapat akan
diberikan 80% untuk driver dan 20% untuk penyedia layanan teknologi (Gus
Lukman, 2018
Saat ini
nujek tidak hanya tersedia di Jawa Timur
dan sekitarnya. Tetapi sudah merambah ke kota-kota lain termasuk Gorontalo.
Nujek mulai 15 November 2018 secara resmi membuka pangsa pasarnya di Gorontalo.
Sebagai salah satu kota yang dijuluki serambi madinah, pendidikan dan destinasi
wisata, keberadaan nujek diyakini akan banyak membantu masyarakat dalam
meningkatkan nilai aktivitas dan berkendara. Saat ini di Gorontalo sendiri ada
sekitar 2.029 orang pengojek yang telah bergabung di nujek, itu sudah termasuk
driver motor dan mobil, ricianya driver motor 1613 orang dan mobil 416 orang
(Rully, 2019).
Pola
aktivitas yang berbeda dengan ojek konvensional dan juga fleksibilitas dalam
bekerja disatu sisi menjadi nilai lebih tetapi disisi lain memunculkan
kekhawatiran secara social. Di Gorontalo, nujek mendapat saingan berat dari
granb dan gojek yang sudah terlebih dahulu masuk ke gorontalo. Dengan system
yang tidak mangkal memberikan kesempatan nujek untuk mendapatkan penumpang
hanya dengan melihat layar telepon pintar untuk mengetahui keberadaan calon
konsumennya. Ini berbeda dengan ojek tradisional yang mengandalkan tempat
mangkal untuk menunggu calon penumpang. Dengan kata lain nujek dengan
teknologinya mendekati penumpang, sedangkan ojek pangkalan menunggu penumpang.
Keberadaan gojek menjadi fenomena social ekonomi yang menarik untuk dikaji, Penelitian tentang ojek online selama ini
kajian lebih banyak berkutat terkait dengan system bagi hasil, karir yang menarik
yang mendapat tambahan penghasilan menarik ketika menjadi pengojek. Secara
social dampak yang ditimbulkan belum banyak dikaji terkait dengan pola perilaku
penumpang, hubungan industry, dan kompetisi dengan sesama ojek online dan ojek
tradisonal (bentor), sehingga kajian social nujek (nusantara ojek) menarik dan
penting untuk dilakukan.
2.2 Kerangka Teoritik
A. Tinjauan Tentang Dampak
1. Dampak
Perubahan
yang terjadi, baik di lingkungan internal (internal environment) maupun
lingkungan eksternal (external environment) dapat menimbulkan dampak,
baik dikehendaki (intended impact) maupun tidak dikehendaki (unintended
impact). Dampak adalah pengaruh kuat yang mendatangkan akibat positif
maupun negatif. Dalam kasus ini, yang dikemukakan oleh Joko Widodo dalam Jotin
Khisty dan B. Kent Lall, dampak merupakan pengaruhpengaruh yang dimiliki
pelayanan angkutan umum terhadap lingkungan sekitar dan keseluruhan kawasan
yang dilayaninya. Perubahan yang dapat menimbulkan dampak ini tentunya akan
menimbulkan masalah dan harus dipikirkan langkah antisipasi atau upaya
pemecahannya. Oleh karena itu, langkah ini harus mampu melakukan pencermatan
atau mengenali setiap perubahan yang terjadi baik pada lingkungan internal
maupun eksternal.
Dampak secara
sederhana bisa diartikan sebagai pengaruh dan akibat. Dalam setiap keputusan
yang diambil oleh seorang atasan, biasanya mempunyai dampak tersendiri, baik
itu dampak positif dan negatif. Dampak juga bisa merupakan proses lanjutan dari
sebuah pelaksanaan pengawasan internal. Seorang pemimpin yang handal sudah
selayaknya bisa memprediksi jenis dampak yang akan terjadi atas sebuah
keputusan yang akan diambil.
Kajian
tentang dampak peneliti gunakan untuk menganalisa perubahan sosial yang terjadi
pasca kehadiran Ojek online terhadap kesejahteraan sosial Komunitas
Nujek Ride Gorontalo
Dampak
sendiri merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan manusia
bahkan sudah menjadi suatu kewajaran. kehidupan manusia akan selalu mengalami
dinamika perubahan sebagai konsekuensi dari hubungan antar manusia dalam
masyarakat. Dampak dapat dibayangkan sebagai perubahan yang terjadi didalam
atau mencakup sistem sosial. Jadi kita membayangkan sesuatu yang terjadi
setelah jangka waktu tertentu, kita berurusan dengan perbedaan keadaan yang
diamati antara sebelum dan sesudah jangka waktu tertentu.
Menurut Selo
Soemardjan, dampak adalah segala perubahanperubahan pada lembaga-lembaga
kemasyrakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya,
termasuk didalamnya nilai-nilai sosial, sikap dan pola perilaku di antara
kelompok-kelompok dalam masyarakat. Dampak sendiri dikelompokkan menjadi 2 macam.
a)
Dampak positif
Akibat baik
atau pengaruh menguntangkan yang didapatkan
dari berbagai hal atau peristiwa.
b)
Dampak Negatif
Pengaruh kuat
yang dihasilkan dari akibat negatif.
2. Proses Dampak
Menurut Roy
Bhaskar dalam buku Agus Salim, proses dampak biasanya terjadi secara wajar (naturally),
gradual, bertahap serta tidak pernah terjadi secara radikal atau revolusioner.
Proses pada dampak meliputi : Proses Reproduction dan Proses Transformation.
Proses Reproduction adalah proses mengulang-ulang, menghasilkan kembali
segala hal yang diterima sebagai warisan budaya dari nenek moyang kita
sebelumnya.
Dalam hal ini
meliputi bentuk warisan budaya dalam kehidupan sehari-hari meliputi;
a.
Material (Kebendaan dan
teknologi) dan,
b.
Immaterial (Non benda,
adat, norma, dan nilai-nilai).
Dengan
demikian transformasi masa depan bukanlah perilaku yang lepas dari dasar
kegiatan manusia, yang sebetulnya dasar perilaku strukturalnya telah tetanam
pada masa sekarang serta masa lalunya.
Sedangkan,
proses Transformation adalah suatu proses penciptaan yang baru (Something
New) yang dihasilkan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam hal ini
meliputi aspek budaya dan globalisasi. Sebagai sebuah proses, Transformation
merupakan tahapan, atau titik balik yang cepat bagi sebuah perubahan.
2.3 Dampak ojek online terhadap kesejahteraan sosial
pada Komunitas Komunitas Nujek Ride Gorontalo
A. Tinjauan Tentang Ojek Online
Sebelum menjelaskan definisi ojek online, sedikit penulis sampaikan pengertian
tentang ojek. Pengertian ojek adalah “sepeda motor yang dibuat menjadi
kendaraan umum untuk memboncengi penumpang ketempat tujuannya”. Peter Salim dan
Yenny Salim menyebutkan bahwa ojek adalah “sepeda atau sepeda motor yang
disewakan dengan cara memboncengkan penyewanya”.
Sedangkan,
ojek online merupakan ojek atau jasa antar jemput penumpang yang sistem
pemesananan jasanya berbasis aplikasi smartphone. Sistem pembayarannya
bisa melalui cash atau digital payment. Dalam aplikasi tersebut dapat
diketahui jarak, lama pemesanan, harga, identitas penojek online yang
menjemput, serta perusahaan pengelolannya.
Jasa
transportasi berbasis online ini kemunculannya di Indonesia mulai marak
pada tahun 2014. Pada awal kemunculannya dimulai oleh aplikasi Uber yang
mengusung UberTaxi sebagai bisnis layanan transportasi berbasis aplikasi online.
Kemudian pada tahun 2015 diikuti dengan kemunculan GOJEK, GRAB, dan NUJEK pada
2018. Pada dasarnya keberadaan ojek sepeda motor sebagai kendaraan bermotor
roda dua memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri mengingat ojek bisa
memberi layanan dari rumah ke rumah, dapat menjangkau lokasi sulit seperti
lorong-lorong dan jalan sempit, atau mampu melewati kemacetan.
B. Tinjauan Tentang Kesejahteraan Sosial
1. Kesejahteraan
Kesejahteraan
Sosial adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan material, spiritual, dan sosial
warga negara agar hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan
fungsi sosialnya. Berdasarkan Pengertian lain, Kesejahteraan Sosial merupakan
suatu ilmu yang mencoba mengembangkan pemikiran, strategi, dan teknik untuk
meningkatkan derajat kesejahteraan suatu masyarakat.
Kesejahteraan sosial sebagai suatu sistem yang
terorganisir dari pelayanan-pelayanan sosial dan lembaga-lembaga yang dimaksud
untuk membantu individu-individu dalam kelompok agar mereka dapat mencapai
standar kehidupan dan kesehatan yang memuaskan, serta terciptanya
hubungan-hubungan orang seorang atau sosial yang memungkinkan mereka mengembangkan
kemampuan dan meningkatkan kesejahteraan menjadi seirama dengan kebutuhan
keluarga dan masyarakat. Pengertian tentang Kesejahteraan mempunyai arti yang sangat
luas, yaitu keadaan atau kondisi kehidupan manusia yang tercipta ketika
berbagai permasalahan sosial dapat di kelola dengan baik, ketika kebutuhan
manusia dapat terpenuhi dan ketika kesempatan sosial dapat dimaksimalkan.
2. Kondisi Kesejahteraan
Menurut James
Midgley, seperti dikutip Miftachul Huda, suatu kondisi bisa dikatakan
sejahtera, apabila memenuhi tiga syarat utama, yaitu:
a.
Kebutuhan-kebutuhan
tercukupi
Setiap orang, baik individu,
keluarga, kelompok, maupun masyarakat secara keseluruhan memiliki hubungan yang
harus dipenuhi. Kebutuhan tersebut tidak hanya dalam bidang ekonomi, melainkan
juga dalam hal keamanan, kesehatan, pendidikan, keharmonisan dalam pergaulan,
dan kebutuhan non-ekonomi lainnya.
b.
Peluang sosial dalam
masyarakat terbuka secara maksimal
Untuk
merealisasikan setiap potensi yang ada dari angggota masyarakat perlu ada
langkah maksimal peluang-peluang sosial. Pemerintah dapat memperbesar peluang
tersebut dengan cara meningkatkan program pendidikan maupun menciptakan sistem
sosial yang mendukung bagi setiap warganya untuk memperoleh apa yang
diinginkannya.
c.
Masalah sosial dapat
dikelola dengan baik
Setiap orang
belum tentu memiliki kemampuan manjemen yang baik terhadap masalah sosial yang
dihadapi. Kaya atau miskin pasti akan menghadapi suatu masalah tetapi memiliki
kemampuan yang berbeda dalam menghadapi masalah tersebut. Kesejahteraan
tergantung kepada kemampuannya dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap
masalah.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan
hasil penelitian yang penulis lakukan, tentang Dampak Ojek Online Terhadap
Kesejahteraan Sosial (Studi Kasus Pada Komunitas Nujek Ride Gorontalo), maka
dapat diambil kesimpulan, bahwa:
1.
Menjadi seorang driver
GOJEK akan menimbulkan dampak secara positif dan negatif. Selain dari
dampak peningkatan ekonomi, dampak yang nyata dari kehadiran ojek online ini
adalah membantu driver maupun mobilitas masyarakat dalam kebutuhan
sehari hari dari segi transportasi umum maupun solusi untuk kebutuhan lifestyle
mulai dari mengantar barang, makanan, belanjaan, maupun obat-obatan. Dari
sisi negatif dan tidak langsung bisa dikatakan hanya internal, bagi driver sendiri
mengeluhkan menjamurnya driver karena pendaftaran yang setiap hari
dibuka sehingga orderan merata bagi seluruh driver GOJEK.
2.
Dampak perubahan setelah
menjadi driver GOJEK yaitu peningkatan perekonomian karena di era modernisasi
ini kita dituntut untuk kreatif dan bisa memanfaatkan keadaan. Dengan kehadiran
ojek online, para driver merasa sangat diuntungkan disaat lapangan pekerjaan
yang semakin menyempit. Selain munculnya solidaritas, perkembangan teknologi
yang pesat juga menjadi salah satu keharusan yang yang harus diikuti, karena
kehadiran ojek online ini tak lepas dari tranformasi dari konvensional
ke online. Dari fleksibilitas waktu sangat berpengaruh terhadap
penghasilan dan kemauan untuk bekerja sehari-hari selama menjadi driver ojek
online karena dengan kebebasan jam kerja, maka penghasilan akan menyesuaikan
dengan apa yang didapatkan menjadi driver GOJEK yang akan mendapatkan
penghasilan setiap hari. Menjadi driver GOJEK juga lebih bermanfaat
karena pendapatan yang diterima oleh pengemudi lebih besar daripada pendapatan
pada pekerjaan sebelumnya ataupun menganggur. Hal itulah yang menjadi penyebab
terjadinya mobilitas tenaga kerja dan memberikan dampak yaitu meningkatnya
kesejahteraan sosial para driver Komunitas Independent Gojek.
3.2 Saran
Berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan dengan hasil yang telah dipaparkan, peneliti
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1.
Bagi driver NUJEK
dan PT TEKNO KARYA NUSA terkait hal ini termasuk driver NUJEK agar terus
meningkatkan pelayanannya dan melakukan pengembangan serta ekspansi dengan
merata keseluruh pelosok negeri, agar masyarakat Indonesia menjadi melek
teknologi serta aktivitas dan kebutuhannya dapat dipermudah dengan kehadiran
GOJEK. Harapan kedepan GOJEK dapat melebarkan sayapnya ke luar negeri agar
dapat membawa nama bangsa Indonesia ke dunia internasional. Yang terakhir
selain meninjau ulang kebijakan yang dirasa memberatkan para drivernya, juga
melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan maupun driver agar lebih
baik dari segi pelayanan.
2.
Bagi peneliti
selanjutnya. Selain dengan metode wawancara mendalam, peneliti selanjutnya
dapat melakukan penelitian dengan metode kuisioner dalam menggali data. Dengan
menggunakan metode tersebut, peneliti selanjutnya akan memperoleh data yang
akurat, benar-benar valid, dan komprehensif tanpa argumentasi serta dapat
menganalisis fenomena secara tajam dan terpercaya.
3.
Bagi pembaca, khususnya
yang telah menggunakan jasa GOJEK dalam kesehariannya agar dapat menyesuaikan
dan memberikan pengertian kepada driver GOJEK. Karena mereka adalah pekerja,
bukan hanya melayani kita sebagai customer. Pembaca harus mengetahui
kondisi sebenarnya yang dialami oleh driver dengan segala jerih payahnya
mencari pundi-pundi rezeki di jalanan. Lebih dari itu, agar pembaca dapat
menggunakan produk atau hasil karya anak bangsanya sendiri.
DAFTAR
PUSTAKA
Buku:
Adisasmita, Rahardjo. 2014. Manajemen Pembangunan Transportasi,
Yogyakarta: Graha Ilmu,
Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta:
Rajawali Pers
Gunawan, Imam. 2016 Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik,
Jakarta: Bumi Aksara,
Artikel Online:
Komentar
Posting Komentar